Kelembagaan

KELEMBAGAAN

Tiga pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional yaitu : (1) Perluasan dan pemerataan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu relevansi dan daya saing pendidikan, (3) Penguatan tata kelola dan akuntabilitas dan citra publik pengelola pendidikan. Implementasi ketiga pilar tersebut, khususnya pilar pertama dan kedua, sudah selayaknya didukung oleh pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Karena baik pemerataan maupun peningkatan mutu relevansi dan daya saing pendidikan kecil kemungkinan dapat terealisasi dengan baik tanpa peran Teknologi sebagai sarana pendukungnya. Dalam hal ini Teknologi secara umum berperan sebagai pendukung dalam upaya membantu pemerintah melaksanakan kebijakan pembangunan pendidikan nasional.

 

Era globalisasi menuntut perubahan di berbagai aspek terutama yang mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup masyarakat. Aspek pendidikan adalah salah satu aspek penting yang harus menjadi pusat perhatian pemerintah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Oleh karena itu, dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat terutama stakeholders pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan secara umum. Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan tidak dapat berjalan secara optimal tanpa ditunjang dengan sarana dan pra sarana yang memadai.  Hal ini menyangkut peningkatan kebutuhan terhadap teknologi pendidikan yang terus menerus meningkat dari hari ke hari seiring dengan meningkatnya pula kesadaran masyarakat dan stakeholders pendidikan akan pentingnya Teknologi.

 

Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikansecara teknis edukatif dan administratif bertanggung jawab dan dibina oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku. Sementara PUSTEKOM Jakarta tetap memberi perhatian penuh dalam meningkatkan kinerja dan kemampuan teknis lainnya bagi seluruh Balai Teknologi Informasi  dan Komunikasi Pendidikan termasuk Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Maluku melalui Koordinasi dan kegiatan peningkatan mutu bagi SDM Balai Tekkom

 

Wilayah Kerja Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan

Wilayah kerja Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan meliputi  Regional Provinsi Maluku, meliputi :

  1. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kota Ambon
  2. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kota Tual
  3. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Maluku Tengah
  4. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Seram Bagian Barat
  5. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Seram Bagian Timur
  6. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Buru
  7. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Buru Selatan
  8. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Maluku Tenggara
  9. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Maluku Tenggara Barat
  10. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Maluku Barat Daya
  11. Dinas Pendidikan dan Sekolah se-Kab. Kep. Aru