Ambon – Kementrian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Program Literasi Digital yang bernama “Indonesia Makin Cakap Digital 2021” yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri Kominfo Jhony Plate, bersamaan dengan Hari Kebangkitan Nasional Ke-113 yang jatuh pada 20 Mei 2021. Peluncuran program akan menandai pelaksanaan kelas Literasi Digital secara simultan di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten Kota di Indonesia. Kelas Tersebut akan berlangsung secara hybrid dengan 50 oraang peserta yang hadir baik on-site maupun secara online melalui media platform Zoom dengan menghadirkan narasumber di bidang komunikasi, informatika dan teknologi digital.

Di Provinsi Maluku tepatnya di Kota Ambon, Kelas Literasi Digital dibuka oleh Walikota Ambon yang sambutannya dibacakan oleh Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru. Kelas dilaksanakan selama dua hari yang bertempat di Ballroom Swissbel Hotel Ambon, Jl. Benteng Kapaha No. 88 Uritetu, Sirimau. Narasumber Kelas Literasi Digital dari Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku yang diwakili oleh Kepala Bidang Aptika, Nailah, S.Kom., Relawan TIK Maluku, Samuel Toding, Influencer Bobby Tarigan atau yang akrab disapa Kak Ibob serta Mas Abibayu dari Surabaya. Materi yang disampaikan selama dua hari, Kelas Privasi dan Keamanan Siber yang terbagi ke dalam beberapa sesi, Konsep Privasi dan Perlindungan Data Pribadi, Keamanan Digital di Smartphone, Kebijakan Privasi dan Ketentuan Perlindungan Data Pribadi yang berlaku di Indonesia.

Diharapkan dari kegiatan Kelas Literasi Digital ini, Maluku khususnya di Kota Kabupaten dapat merasakan perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi Digital, sehingga masyarakat yang ada di daerah 3T dapat terkoneksi dengan daerah lain di Indonesia.