Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi kini menjadi bagian dari tuntutan kompetensi guru, baik guna mendukung pelaksanaan tugasnya maupun sebagai sarana untuk mencari dan mengunduh sumber-sumber belajar. Sehingga setiap guru pada semua jenjang harus siap untuk terus belajar TIK guna pemenuhan tuntutan kompetensi tersebut.

UPTD Balai Teknologi dan Komunikasi Informasi Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Maluku menyelenggarakan kegiatan “Diklat Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur” yang bertempat di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, 11 – 14 Maret 2020.

Kepala Balai Teknologi dan Komunikasi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Ny. Rina Lappy dalam sambutannya menjelaskan, sebagai UPT Daerah yakni mengambangkan Pendidikan berbasis TIK di Provinsi Maluku sampai ke tingkat bawahnya, salah satunya yakni menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sinegritas dengan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mewujudkan kualitas Sumber Daya Manusia yang berdaya saing di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menuju Maluku Cerdas.

“Saya kira ini penting, sebab ke depan dunia pendidikan akan diperhadapkan dengan berbagai persoalan yang cukup serius, diantaranya yakni soal Peningkatan Sumber Daya Manusia sesuai visi misi Gubernur Maluku dalam meningkatkan kompetensi Dunia Kerja dan Dunia Usaha serta kemampuan Sumber Daya Kelembagaan,” lanjut KA BALAI.

Dalam kegiatan ini diharapkan, peserta memahami fokus kebijakan pengembangan kompetensi TIK bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, memahami portal Rumah Belajar sebagai salah satu alternatif pemanfaatan Media Pembelajaran, memahami Dasar-dasar pengembangan Media Pembelajaran serta penyusunan GBIM dan JM, mampu mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif.

Dalam kesempatan itu juga, KA BALAI membacakan syair pantun guna memberikan semangat kepada para guru yang hadir, “Burung Tekukur sedang Bernyanyi, Di Pohon Kelapa Indah Suaranya, Sungguh Bersyukur di pagi Ini, Bisa Bersama Bapak – Ibu Semua.”