Provinsi Maluku merupakan provinsi kepulauan yang terdiri dari beberapa kepulauan dengan luas lautannya lebih besar 658.294,69 km2 daripada luas daratannya yang hanya 47.350,42 km2 dari total luas area sebesar 705.645 km2. Pulau-pulau yang cukup banyak inilah yang menonjolkan keindahan Provinsi Maluku dengan sejumlah deretan pantai yang indah. Namun masih cukup banyak pantai di Maluku yang belum dikenal oleh masyarakat luas salah satunya adalah pantai Nyama.

Pantai Nyama

“Pantai Nyama” merupakan salah satu pantai di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, yang berjarak kurang lebih 30m dari kota Tiakur . Pantai ini dijadikan lokasi wisata oleh pemerintah setempat, sayangnya belum dikenal secara umum oleh masyarakat luas. Pantai Nyama pada posisi sebelah tenggara berbatasan dengan Pulau Lakor, sebelah selatan berbatasan dengan Benua Australia dan sebelah Barat Daya berbatasan dengan Timur Leste.

Pantai Nyama

Pantai Nyama

Tempat Singgah

Pantai Nyama, pantai yang unik

Pantai yang memiliki panjang ± 9 km dengan hemparan pasir yang sangat indah dan sejuk dipandang.  Karena panjangnya, pantai ini dulu pada Perang Dunia II, Sekutu menjadikan Pantai Nyama sebagai landasan pesawat. Keunikan dari pantai ini terletak pada komposisi pasirnya, yaitu campuran dari pasir putih dan butiran pasir berwarna merah. Laut yang biru dan hembusan angin yang sangat sejuk karena terdapat beberapa pohon di sekitar pinggiran pantai dan beberapa tempat singgah berupa rumah kecil lengkap dengan tempat duduk permanen yang dapat dijadikan tempat untuk santai.

Pantai Nyama

Lokasi yang cukup luas ini juga dimanfaatkan untuk dijadikan ajang lomba pacuan kuda tahunan, juga destinasi untuk bermain dan berenang. Namun sangat disayangkan, Pantai Nyama belum dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu faktor penghambat yaitu akses transportasi ke Pulau Moa yang cukup sulit.

Pantai Nyama

Tempat Kegiatan Baku Dapa Anak dan Remaja Seklasis GPM Maluku dan Maluku Utara 2018

“Pantai Nyama” dipilih sebagai lokasi Kegiatan Baku Dapa Anak dan Remaja Seklasis GPM Maluku dan Maluku Utara pada september 2018. Hal itu dilakukan sebagai salah satu bentuk promosi pantai Nyama kepada masyarakat. Pantai Nyama sangat layak jadi objek wisata Internasional dengan sumber daya alam yang dimiliki. Namun masih diperlukan pengembangan dengan sarana pendukung yang cukup agar menjadi destinasi wisatawan asing.

 

Penulis : Julliet. Vinska. Wairata